Telekomunikasi mempunyai pengertian sebagai teknik pengiriman pesan, dari suatu tempat ke tempat lain, dan biasanya berlangsung secara dua arah. ‘Telekomunikasi’ mencakup semua bentuk komunikasi jarak jauh, termasuk radio, telegraf/ telex, televisi, telepon, fax, dan komunikasi data melalui jaringan komputer. Sedangkan pengertian Informatika) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
Kata Telematika pertama kali digunakan di indonesia pada nama salah satu Laboratorium Telekomunikasi di ITB pada tahun 1978. Menurut para ahli telematika atau Telematics merupakan perpaduan dua kata yaitu Telecommunication & Informatics dan merupakan perpaduan konsep computing & communication. Nama lain dari Telematics adalah ICT (Information & Communication Technology).Telematika merupakan terjemahan dari kata "Telematique" yang pertama kali diciptakan oleh Simon Nora & Alain Minc.
Berikut ini adalah sebuah contoh layanan Telematika pada bidang Informasi :
Warung Telepon
Warung Telepon ( Wartel ) adalah sarana telekomunikasi untuk masyarakat umum. Di dalam wartel terdapat kamar bicara ( KBU ) berisi pesawat telepon untuk digunakan pemakai jasa. Telepon di dalam kamar bicara umum bisa digunakan untuk pembicaraan telepon lokal, antar wilayah, interlokal ( SLJJ ), maupun sambungan langsung internasional. Biaya pemakaian jasa telekomunikasi dibayar langsung di tempat oleh konsumen sesuai tarif pulsa yang berlaku ditambah tarif pelayanan. pada saat ini wartel sudah sangat jarang dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini.
Warung Internet
Warung Internet ( Watnet ) adalah contoh dari pengaruh internet bagi masyarakat, selain sebagai tempat mendapatkan informasii warnet juga dapat sebagai sarana komunikasi melalui internet. Warnet pun kini sudah banyak dan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat manapun.
E-Commerce
E-Commerce adalah kegiatan jual beli secara electronik melalui jaringan internet. Kegiatan e-commerce memudahkan masyarakat dalam memasang iklan, memasarkan barang jualannya, membeli barang dan melakukan pemesan serta memudahkan mendapatkatkan informasi tentang barang yang diinginkan. E-commerce dapat diakses secara luas diseluruh dunia, prosesnya pun mudah dan tidak tergantung pada ruang dan waktu, siapa saja dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Contoh: Lazada, Bhinneka, Berniaga, dsb.
Pemesanan dan Pembelian Tiket Online
Pemesanan dan Pembelian Tiket Online adalah sebuah layanan Telematika yang saat ini memudahkan masyarakat untuk membeli atau memesan tiket tanpa perlu repot datang ke stasiun atau bandara untuk memesan atau membeli tiket kereta api ataupun pesawat terbang. Selain pemesanan dan pembelian tiket masyarakat pun juga dapat melihat jadwal kedatangan maupun keberangkatkan dari transportasi yang ingin digunakan.
Global Positioning System (GPS)
Global Positioning System ( GPS ) adalah sebuah layanan Telematika yang berfungsi untuk melacak atau bisa juga untuk member arah alamat yang ingin anda tujukan. Saat ini GPS banyak digunakan pada kendaraan yang telah menanamkan tenologi GPS ini, Penggunaan GPS berfungsi untuk memudahkan dalam menujukan arah dan mencari tempat yang diinginkan atau bisa juga untuk melacak keberadaan kendaraan anda pada saat hilang.
Keuntungan telematika antara lain:
Memudahkan kita dalam memperoleh data/informasi dimana saja, dan kapan saja sesuai kebutuhan Meningkatkan kinerja pelaku usaha karena kemudahan pengaksesan informasi dan penyelenggaraan transaksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi Mencerdaskan masyarakat karena dapat dengan mudah menambah pengetahuan/informasi yang dimiliki. Memotong alur proses yang panjang dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintah. Mempererat hubungan antar personal, antar wilayah dan antar Negara tanpa ada batasan ruang dan waktu. Meningkatkan dan memacu roda perekonomian nasional .
Kerugian dari telematika antara lain :
1.Meningkatnya individualism masyarakat, karena tidak ada batas ruang dan waktu menyelusuri dunia maya sehingga terkadang menjadi lupa, dan tidak mengenal lingkungan sekitar.
2.Terdapat banyak ancaman yang dapat dilakukan oleh virus serta hacker maupun cracker.
3.Informasi dan data yang mudah diperoleh tidak hanya sekedar informasi yang bersifat positif bahkan banyak pula yang bersifat negatif yang dapat merusak moral serta meningkatnya tingkat kejahatan.
4.Waktu terbuang sia-sia untuk bermain game internet berlama-lama
5.Kerugian Materiil seperti uang dalam ATM yang diretas
6.Kerugian Non Materiil seperti data para user yang situsnya diretas
Kata Telematika pertama kali digunakan di indonesia pada nama salah satu Laboratorium Telekomunikasi di ITB pada tahun 1978. Menurut para ahli telematika atau Telematics merupakan perpaduan dua kata yaitu Telecommunication & Informatics dan merupakan perpaduan konsep computing & communication. Nama lain dari Telematics adalah ICT (Information & Communication Technology).Telematika merupakan terjemahan dari kata "Telematique" yang pertama kali diciptakan oleh Simon Nora & Alain Minc.
Berikut ini adalah sebuah contoh layanan Telematika pada bidang Informasi :
Warung Telepon
Warung Telepon ( Wartel ) adalah sarana telekomunikasi untuk masyarakat umum. Di dalam wartel terdapat kamar bicara ( KBU ) berisi pesawat telepon untuk digunakan pemakai jasa. Telepon di dalam kamar bicara umum bisa digunakan untuk pembicaraan telepon lokal, antar wilayah, interlokal ( SLJJ ), maupun sambungan langsung internasional. Biaya pemakaian jasa telekomunikasi dibayar langsung di tempat oleh konsumen sesuai tarif pulsa yang berlaku ditambah tarif pelayanan. pada saat ini wartel sudah sangat jarang dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini.
Warung Internet
Warung Internet ( Watnet ) adalah contoh dari pengaruh internet bagi masyarakat, selain sebagai tempat mendapatkan informasii warnet juga dapat sebagai sarana komunikasi melalui internet. Warnet pun kini sudah banyak dan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat manapun.
E-Commerce
E-Commerce adalah kegiatan jual beli secara electronik melalui jaringan internet. Kegiatan e-commerce memudahkan masyarakat dalam memasang iklan, memasarkan barang jualannya, membeli barang dan melakukan pemesan serta memudahkan mendapatkatkan informasi tentang barang yang diinginkan. E-commerce dapat diakses secara luas diseluruh dunia, prosesnya pun mudah dan tidak tergantung pada ruang dan waktu, siapa saja dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Contoh: Lazada, Bhinneka, Berniaga, dsb.
Pemesanan dan Pembelian Tiket Online
Pemesanan dan Pembelian Tiket Online adalah sebuah layanan Telematika yang saat ini memudahkan masyarakat untuk membeli atau memesan tiket tanpa perlu repot datang ke stasiun atau bandara untuk memesan atau membeli tiket kereta api ataupun pesawat terbang. Selain pemesanan dan pembelian tiket masyarakat pun juga dapat melihat jadwal kedatangan maupun keberangkatkan dari transportasi yang ingin digunakan.
Global Positioning System (GPS)
Global Positioning System ( GPS ) adalah sebuah layanan Telematika yang berfungsi untuk melacak atau bisa juga untuk member arah alamat yang ingin anda tujukan. Saat ini GPS banyak digunakan pada kendaraan yang telah menanamkan tenologi GPS ini, Penggunaan GPS berfungsi untuk memudahkan dalam menujukan arah dan mencari tempat yang diinginkan atau bisa juga untuk melacak keberadaan kendaraan anda pada saat hilang.
Keuntungan telematika antara lain:
Memudahkan kita dalam memperoleh data/informasi dimana saja, dan kapan saja sesuai kebutuhan Meningkatkan kinerja pelaku usaha karena kemudahan pengaksesan informasi dan penyelenggaraan transaksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi Mencerdaskan masyarakat karena dapat dengan mudah menambah pengetahuan/informasi yang dimiliki. Memotong alur proses yang panjang dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintah. Mempererat hubungan antar personal, antar wilayah dan antar Negara tanpa ada batasan ruang dan waktu. Meningkatkan dan memacu roda perekonomian nasional .
Kerugian dari telematika antara lain :
1.Meningkatnya individualism masyarakat, karena tidak ada batas ruang dan waktu menyelusuri dunia maya sehingga terkadang menjadi lupa, dan tidak mengenal lingkungan sekitar.
2.Terdapat banyak ancaman yang dapat dilakukan oleh virus serta hacker maupun cracker.
3.Informasi dan data yang mudah diperoleh tidak hanya sekedar informasi yang bersifat positif bahkan banyak pula yang bersifat negatif yang dapat merusak moral serta meningkatnya tingkat kejahatan.
4.Waktu terbuang sia-sia untuk bermain game internet berlama-lama
5.Kerugian Materiil seperti uang dalam ATM yang diretas
6.Kerugian Non Materiil seperti data para user yang situsnya diretas
0 comments:
Post a Comment